signed

@[email protected]

-16 oktober 2020 Aku kayaknya harus mulai keluar lagi. Bukan kayaknya lagi, kalo gak keluar gimana hidupku bakalan berkembang?

Tapi aku takut kalo keluar, aku bakalan salah bertindak, jadinya aku dipojokin lagi. Akhirnya masuk, diem di dalem lagi.

Kalo di luar gak tau gimana caranya bikin lawan bicara betah ngobrol sama aku. 10 tahun yang lalu, aku pernah ngajak ngobrol seseorang, terus dia bilang “ternyata ngomong sama kamu gak asik ya”. Pernah aku tulis disini juga.

-19 september 2020 Hey, it's amazing how I become the person they told me not to be years ago...

Rebahan, males-malesan, gak ada pergaulan, gak ada kerjaan. :( Pengen keluar, tapi aku gak tau apa yang mereka omongin, terlalu lama di dalem...

-8 september 2020 Sebenernya apa lagi yang aku tunggu disini?

Tiba-tiba muncul pertanyaan itu belakangan ini di pikiranku. Yah. Rasanya nggak ada yang bisa aku lakuin lagi disini. Nggak ada semangat lagi buat ngerjain sesuatu. Nggak tau ke depan mau ngapain lagi.

Nggak tau apa alasan untuk ngelanjutin hidupku.

Mungkin orang lain akan bilang, “banyak banget kok yang bisa kamu kerjain. Banyak hal yang menunggu kamu ke depannya. Ada yang harus kamu jaga di masa depan. Masih ada yang butuh kamu di sini”... huuhh aku nggak tau harus gimana.

Aku ngerasa nggak sanggup. Masih banyak orang lain disini, harus ya aku ikut ke dalemnya juga? “Iya lah harus!” Aku dapet apa emangnya kalo ngejalanin ini? “Dapet pengalaman hidup! Kan kamu setahun yang lalu pernah bilang ke dirimu sendiri, uang bukan alasan kamu ngejalanin ini, kamu ke sini nyari pengalaman hidup, biar kamu pernah ada di posisi pernah ngejalanin hal-hal, biar nggak cuma jadi penonton hidup orang aja” oh iya aku pernah bilang gitu... Tapi entah kenapa aku nggak betah di lingkungan sini... Aku ngerasa nggak bisa nyesuaiin diri dengan keadaan ini. Waktu aku nyaman sama suatu hal, aku dipaksa keluar dari hal itu.

Mungkin iya bener kata orang, semua harus keluar dari zona nyaman mereka sendiri. Tapi kalo aku nggak nyaman, gimana aku bakal nikmatin hidupku? Kalo aku nggak nyaman, aku nggak bisa ngerjain semua dengan ikhlas. Ya ampun aku bimbang.

Aku ngerasa nggak punya siapa-siapa untuk curhat. Tapi liat orang-orang luar, kayaknya aku gak bisa berbaur sama mereka... Apalah aku ini di depan mereka yang lebih banyak pengalamannya. Yah nyesel banget kenapa dulu gak bisa bertemen. Kenapa nggak diajarin bertemen. Kenapa orang-orang di sekitar malah ngeledek aku pas aku keluar.

This hits me so hard... Imma bang myself right to the wall. Ah!

Jadi kemana-mana kan ini aku nulisnya.

-16 oktober 2020 Lagi ngerasain gak enaknya hidup sendirian.

Aku sering gak dihargain sama orang-orang yang mengelilingiku, akunya juga kayaknya dulu sering gak ngehargain orang. Udah kejawab kenapa orang gak seneng bergaul sama aku.

Saking sibuknya ngerjain kerjaan gak jelas, sampe-sampe lupa bergaul. Jarang ngeliat orang-orang di luar, sekali ngeliat orang di luar jadi pengen kayak mereka, bisa bergaul dengan seamless, bisa berinteraksi, like-able. Seketika pengen kayak mereka.

Tapi pas aku nyoba, nggak terlalu banyak kemungkinan aku berhasil bergaul. Sekalipun berhasil, besoknya pasti mereka bakal jauh lagi.

-21 agustus 2020 Hi 19.

Hey, I'm another year older.

Tapi rasanya aku nggak semangat lagi buat ngejalanin semua ini. Aku belum nemu apa yang aku suka disini, lalu semuanya dipaksa untuk berhenti waktu itu. Waktuku beradaptasi disini belum cukup.

Rasanya aku gak mood banget. Kesukaanku beda sama orang-orang lain, gak pernah bisa nemu orang yang punya kesukaan sama. Capek ngomong sama diriku sendiri terus. Capek ngehadepin semua sendirian. Nggak ada yang bisa diajak. Belum nemuin temen sama sekali disini. Aku udah setahun disini, tapi rasanya baru sempet ngerasain nginjek tempat ini beberapa minggu doang.

Nyesel banget nggak jadi orang yang gampang bergaul. Nyesel banget masa kecil malah cuma diem di rumah gak kenal orang yang selain keluarga. Seketika keinginan buat nge-reset hidupku muncul lagi.

I don't know what comes next...

-4 september 2020 Sebenernya aku ngantuk, tapi tiba-tiba gak ada mood buat tidur. Aku capek, udah capek sama hidupku.

Aku khawatir besok belom bisa ngelakuin hal yang berguna. Aku nggak siap ngadepin semua kemungkinan. Aku nggak tau harus ngapain kalo ada sesuatu.

Cuma bisa berharap jangan sampe ada hal yang buruk. Ternyata aku masih gak sekuat mereka.

Aku mau nangis. Kali ini beneran nangis. Sering bilang mau nangis di kehidupan nyata, padahal cuma becandaan aja. Tapi sekarang rasanya pengen lepas dari semua beban pikiran.

Kalo disuruh ngejalanin sesuatu, nggak usah ada ribet-ribet lagi.

-27 agustus 2020 Sekarang aku bisa dibilang ngerasain kehampaan di hidup ini. Rasanya di hidup nggak ada yang perlu ditungguin lagi. Udah gak tau mau ngapain lagi. Sepi banget...

Mungkin aku hanya butuh orang lain di hidupku. Sayang banget kesempatan aku nemu orang lain dihambat sama keadaan gini. It should've been my year, but looks like it's no one's...

-25 juli 2020 Lagi minum air sambil buka ig, ngeliat ini aku malah keselek sampe nyembur :(

Jadi inget waktu itu, temenku juga nyembur air pas lagi belajar di kelas.

Waktu itu aku lagi nyatet sesuatu di papan tulis, yah ini gurunya agak malesin sih, kelas ribut dia gak peduli, tetep aja nulis-nulis di papan. Aku berusaha untuk nyatet apa yang dia tulis, meskipun agak susah dibaca ya tulisannya. Karena udah mulai males nyatet, aku foto aja lah tulisan yang di papan itu, aku mikirnya nanti aja aku salin catetannya di rumah. Nah waktu itu aku duduk di baris paling depan kan, jadi untungnya gampang kalo mau foto papan. Eh pas lagi ngefoto papan, aku lupa kalo flash kameraku nyala. Aku langsung ngebungkem hapeku, nyembunyiin biar gak ketauan sama guru

Nah ada temenku yang duduk di bangku ketiga di deretan yang sama dengan aku, dia lagi minum. Dia ngeliat kejadian ini, dan dia ketawa sampe air yang dia minum disemburin ke temen depannya

Untungnya semburannya cuma sampe temen depannya itu sih, nggak sampe ke tempatku wkewke

Yah sekelas jadi agak heboh gara-gara dia, dan gara-gara aku juga

-27 mei 2020 Wah, sekarang aku ada rasa sedikit 'bersyukur' bisa ngedalemin dunia gini heheh

Kalo aku nggak kayak gini juga, mungkin aku nggak bakal bisa nerima keadaan mereka & ngerasain apa yang mereka semua rasain kalo dapet perkataan begitu

Karena sekarang aku udah nggak punya waktu buat ngurusin orang lain lagi. Boro-boro ngurusin orang, ngurus diri sendiri aja aku gak becus.

let people just be people, I guess.

Mungkin aku udah ketemu (salah satu) alasan untuk tetep bisa hidup, untuk melajarin berbagai sikap orang & sisi-sisi kehidupan yang berbeda.

-30 april 2020 Aku udah bosen banget kayak gini terus. Harus ngerjain ini di jam segini. Harus kejar target. Hari ini, ini harus selesai. Tiap hari kayak gini-gini aja... Jenuh banget. Semoga aku dan kita semua bisa cepet bebas ngapa-ngapain lagi... :(

Well I guess I have to be grateful, there are always things that's harder than my life